Kamis, 01 Maret 2012

bab 2 membangun kreativitas dan inovasi


BAB II : MEMBANGUN KREATIVITAS DAN INOVASI
1.  Jelaskan apa yang dimaksud dengan Inovasi?
2.  Bagaimana peranan inovasi dalam kewirausahaan?
3.  Bagaimana proses inovasi?
4.  Jelaskan yang dimaksud dengan Kreativitas!
5.  Bagaimana peranan kreativitas dalam kewirausahaan?
6.  Bagaimana berfikir kreatif dalam kewirausahaan?
7.  Bagaimana cara membangun kreatifitas?
8.  Jelaskan faktor-faktor yang mendukung inovasi dan kreativitas dalam perusahaan!
9.  Jelaskan faktor-faktor yang menghambat inovasi dan kreativitas dalam perusahaan!
10.  Pilih seorang pengusaha sukses dan perusahaannya untuk dipelajari dan buat ringkasan atas pengusaha dan perusahaan tersebut. Adapun data tentang pengusaha adalah nama, sejarah diri,visi misi, nilai-nilai yang dianut, kegagalan dan kesuksesan dalam membangun usaha, strategi membangun usaha dan hal-hal lain yang dianggap penting. Adapun tentang perusahaannya adalah nama perusahaan, sejarah, visi, misi, produk-produk perusahaan, manajemen pemasaran, manajemen keuangan, manajamen sumber daya manusia, manajemen operasi, teknologi informasi dan hal-hal lain yang dianggap perlu
11.  Memilih satu usaha yang akan dikerjakan berdua selama satu semester. Berikan gambaran usaha tersebut
12.  Buatkan diferensiasi atau perbedaan dari bisnis sejenis dengan konsep kreativitas dan inovasi pada usaha yang dipilih sehingga terlihat perbedaan dengan pesaing!
Jawaban :
1.  Kemampuan seseorang untuk mengembangkan ide-ide yang baru dan diterima oleh pasar.
2.  Inovasi memudahkan proses menemukan atau mengimplementasikan sesuatu yang baru ke dalam situasi yang baru dalam berbisnis. Inovasi adalah memikirkan dan melakukan sesuatu yang baru yang menambah atau menciptakan nilai-nilai manfaat.
3.  Sebuah tim yang baik memerlukan proses untuk mencari bagaimanamenciptakan peluang-peluang bisnis yang akan membawa kepada inovasi strategi. Proses Discovery ditunjuk untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Kelima fase, yang akan dijelaskan secara rinci dalam seksi berikutnya, didesain untuk menyediakan kebutuhan struktur namun dibiarkan untuk fleksibilitas aktivitas-aktivitas di dalam fase-fase untuk mengakomodasikan sebuah wilayah yang luas atas industri-industri dan perusahaan-perusahaan.
4.  Kemampuan seseorang mengembangkan ide-ide untuk memecahkan masalah dan bahkan menemukan atau menciptakan peluang baru dari ide-ide tersebut.
5.  Peranan kreativitas sangat berpengaruh dalam upaya pengembangan bisnis. Kreativitas menciptakan gagasan-gagasan untuk mengembangkan bisnis yang dijalani dan merealisasikan ide-ide yang dapat memberikan peluang baru dan upaya untuk menarik perhatian pasar melalui kreativitas perusahaan dan strategi bisnis.

6.  Berfikir kreatif dalam kewirausahaan adalah cara memandang dengan perspektif berbeda yang mampu menemukan sisi lain dari aspek-aspek standar yang biasa di terapkan dalam bisnis sehingga menjadi poin plus bagi pebisnis untuk menghasilkan suatu karya yang dapat di hasilkan untuk memajukan bisnisnya. atau melalui tujuh langkah berikut:
1. Preparation (persiapan)
2. Investigation (penyelidikan)
3. Transformastion
4. Incubation
5. Illumination (penerangan)
6. Verification (pengujian)
7. Implementation (implementasi)
7.  Ada banyak cara yang dapat membangun kreativitas. Dan ide-ide kreatif dapat ditemukan dimana saja. Yaitu dengan:
- mengamati banyak hal yang menarik di sekeliling kita atau mengamati banyak hal yang berbeda.
- sering berimajinasi dan banyak merenung untuk membiarkan otak kita memikirkan berbagai hal dari berbagai perspektif yang berbeda
- belajar untuk menjadi seorang inovator yang baik
- mengkorelasikan ide-ide yang masih samar terhadap masalah untuk menghasilkan pemecahan inovatif
- menyadari kemungkinan banyak jawaban daripada satu jawaban yang benar
- melihat kegagalan dan kesalahan hanya sebagai jalan untuk mencapai kesuksesan.
8.  a. motivasi diri untuk berkreasi dan terus melakukan pengembangan
     b. kondisi lingkungan yang mendorong perilaku kreativitas
     c. tuntutan pekerjaan dan tanggung jawab dalam jabatan.
9.  - Hambatan Psikologis
- Hambatan Budaya
- Hambatan Lingkungan sosial maupun fisik
- Hambatan Bahasa Berpikir
- Hambatan Keterpakuan Fungsional
10. 
11.  Usaha tersebut berupa bisnis tas yang terbuat dari bahan jeans dan model transparansi sehingga cakupan segmenting dan targeting-nya sangat luas sehingga diharapkan mampu meningkatkan penjualan karena dapat meraih konsumen dalam jumalh banyak dan dengan berbagai perhitungan profit yang didapatkan sangat menjanjikan bagi usaha kami.
12. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar