BAB
II : MEMBANGUN KREATIVITAS DAN INOVASI
1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Inovasi?
2. Bagaimana peranan inovasi dalam kewirausahaan?
3. Bagaimana proses inovasi?
4. Jelaskan yang dimaksud dengan Kreativitas!
5. Bagaimana peranan kreativitas dalam kewirausahaan?
6. Bagaimana berfikir kreatif dalam
kewirausahaan?
7. Bagaimana cara membangun kreatifitas?
8. Jelaskan faktor-faktor yang mendukung inovasi
dan kreativitas dalam perusahaan!
9. Jelaskan faktor-faktor yang menghambat inovasi
dan kreativitas dalam perusahaan!
10. Pilih seorang pengusaha sukses dan
perusahaannya untuk dipelajari dan buat ringkasan atas pengusaha dan perusahaan
tersebut. Adapun data tentang pengusaha adalah nama, sejarah diri,visi misi,
nilai-nilai yang dianut, kegagalan dan kesuksesan dalam membangun usaha,
strategi membangun usaha dan hal-hal lain yang dianggap penting. Adapun tentang
perusahaannya adalah nama perusahaan, sejarah, visi, misi, produk-produk
perusahaan, manajemen pemasaran, manajemen keuangan, manajamen sumber daya
manusia, manajemen operasi, teknologi informasi dan hal-hal lain yang dianggap
perlu
11. Memilih satu usaha yang akan dikerjakan
berdua selama satu semester. Berikan gambaran usaha tersebut
12. Buatkan diferensiasi atau perbedaan dari
bisnis sejenis dengan konsep kreativitas dan inovasi pada usaha yang dipilih
sehingga terlihat perbedaan dengan pesaing!
Jawaban
:
1. Kemampuan seseorang untuk mengembangkan
ide-ide yang baru dan diterima oleh pasar.
2. Inovasi memudahkan proses menemukan atau
mengimplementasikan sesuatu yang baru ke dalam situasi yang baru dalam
berbisnis. Inovasi adalah memikirkan dan melakukan sesuatu yang baru yang
menambah atau menciptakan nilai-nilai manfaat.
3. Sebuah tim yang baik memerlukan proses untuk
mencari bagaimanamenciptakan peluang-peluang bisnis yang akan membawa kepada
inovasi strategi. Proses Discovery ditunjuk untuk memenuhi kebutuhan tersebut.
Kelima fase, yang akan dijelaskan secara rinci dalam seksi berikutnya, didesain
untuk menyediakan kebutuhan struktur namun dibiarkan untuk fleksibilitas
aktivitas-aktivitas di dalam fase-fase untuk mengakomodasikan sebuah wilayah
yang luas atas industri-industri dan perusahaan-perusahaan.
4. Kemampuan seseorang mengembangkan ide-ide untuk
memecahkan masalah dan bahkan menemukan atau menciptakan peluang baru dari
ide-ide tersebut.
5. Peranan kreativitas sangat berpengaruh dalam
upaya pengembangan bisnis. Kreativitas menciptakan gagasan-gagasan untuk
mengembangkan bisnis yang dijalani dan merealisasikan ide-ide yang dapat
memberikan peluang baru dan upaya untuk menarik perhatian pasar melalui
kreativitas perusahaan dan strategi bisnis.
6. Berfikir kreatif dalam kewirausahaan adalah
cara memandang dengan perspektif berbeda yang mampu menemukan sisi lain dari
aspek-aspek standar yang biasa di terapkan dalam bisnis sehingga menjadi poin
plus bagi pebisnis untuk menghasilkan suatu karya yang dapat di hasilkan untuk
memajukan bisnisnya. atau melalui tujuh langkah berikut:
1. Preparation
(persiapan)
2. Investigation
(penyelidikan)
3. Transformastion
4. Incubation
5. Illumination
(penerangan)
6. Verification
(pengujian)
7. Implementation
(implementasi)
7. Ada banyak cara yang dapat membangun
kreativitas. Dan ide-ide kreatif dapat ditemukan dimana saja. Yaitu dengan:
-
mengamati banyak hal yang menarik di sekeliling kita atau mengamati banyak hal
yang berbeda.
-
sering berimajinasi dan banyak merenung untuk membiarkan otak kita memikirkan
berbagai hal dari berbagai perspektif yang berbeda
- belajar untuk menjadi
seorang inovator yang baik
-
mengkorelasikan ide-ide yang masih samar terhadap masalah untuk menghasilkan
pemecahan inovatif
- menyadari kemungkinan
banyak jawaban daripada satu jawaban yang benar
- melihat kegagalan dan
kesalahan hanya sebagai jalan untuk mencapai kesuksesan.
8. a. motivasi diri untuk berkreasi dan terus
melakukan pengembangan
b. kondisi lingkungan yang mendorong
perilaku kreativitas
c. tuntutan pekerjaan dan tanggung jawab
dalam jabatan.
9. - Hambatan Psikologis
- Hambatan Budaya
- Hambatan Lingkungan
sosial maupun fisik
- Hambatan Bahasa
Berpikir
- Hambatan Keterpakuan
Fungsional
10.
11. Usaha tersebut berupa bisnis tas yang terbuat
dari bahan jeans dan model transparansi sehingga cakupan segmenting dan
targeting-nya sangat luas sehingga diharapkan mampu meningkatkan penjualan
karena dapat meraih konsumen dalam jumalh banyak dan dengan berbagai
perhitungan profit yang didapatkan sangat menjanjikan bagi usaha kami.
12.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar